Story of My Love Life: Jodoh Adalah Kebetulan yang Romantis (Part 2)

Ini adalah lanjutan postingan curhat sebelumnya.

Kronologi nasib saya yang saya tulis sebelumnya di Part 1 adalah kira-kira sebagai berikut : patah hati - galau - 2 tahun kemudian - main Tinder - kenalan sama mas S - intens chattingan - (Kisah cinta saya emang biasa aja kok, sayanya aja yang sok dramatis). 

LALU SEMESTA MEMPERTEMUKAN KAMI...


Judulnya lebay ya. Biarin. Supaya romantis. 

Setelah intens chattingan setiap hari selama 3 minggu dan saya udah mulai baper, tibalah saya pada fakta menyedihkan: kami terpisah jarak 200 km. Mas S hidup di Boyolali, sementara saya di Surabaya. Ya 200 km ga jauh sih, cuma kan kita ini sebatas 2 orang asing yang kebetulan ketemu lewat aplikasi online dating. Membuang waktu dan uang demi berjumpa dengan orang asing tentu adalah perkara serius.

But hey, kemudian sebuah kebetulan terjadi. Saya masih tetap tidak percaya takdir, tapi rasa-rasanya semesta melakukan suatu kebetulan yang membuat semua jadi terasa lebih mudah. 

Kedua orangtua saya mengajak ke Purwokerto, karena Budhe saya yang di sana saat itu sakit. Ayah saya lalu berencana pulangnya mampir ke Solo, sekalian nyekar karena makam kakek nenek saya ada di Solo. Lha.... kok kebetulan banget. Janjianlah saya dan mas S untuk berjumpa di Solo. 

INTERMEZZO : BAGAIMANA ORANGTUA SAYA IKUTAN "KETEMU" MAS S

Nah, saya ini kan anak mami-papi banget. Mana anak rumahan pula. Udah gitu apa-apa saya sering cerita ke Ibu saya, termasuk tentang nasib percintaan saya sebelumnya yang apes. Tapi sejak saya kenal mas S ini saya nggak berani cerita banyak ke Ibu saya. Paling cuma sekedar cerita ada cowok ngajak chattingan yang dikenal lewat Tinder yang kok ya sepintas mirip mantan. Trus saya nggak cerita lanjutannya lagi (bahwa saya intens chattingan sampai 3 minggu dan uda baper). 

Kenapa saya nggak cerita banyak? Pertama, karena saya malu (wakakaka). Kedua, karena saya nggak mau cerita banyak dahulu karena emang cerita saya sama mas S belum jelas. Lha ini kan baru sebatas chatting-chattingan doank. Setelah sebelumnya gagal kawin otomatis saya juga ga pengen buru-buru mengenalkan cowok yang sayanya sendiri belum sreg ke orangtua saya. 

Trus saya panik sendiri gimana caranya mengelabui kedua orang tua saya untuk bisa "kabur" ketemu mas S pas di Solo. Saya karang-karang lah alasan "mau ketemu temen ngobrolin bisnis". Bullshit banget ga sih. 

Pas sampai di Solo eh kok ya kepo banget papa saya tanya-tanya, "Lha kamu ada teman di Solo? Teman apa? Kenal dimana? Kok bisa kerja di Solo? Teman kuliah? Teman SMA? Ngomongin bisnis apa?".

Buset.... nanyanya udah kayak interograsi. Saya gelagepan ngarang cerita, "Temannya teman, Pa. Kerja bisnis undangan nikahan di Solo......". Sebenarnya ceritanya masuk akal sih, cuma sayanya aja yang ga pinter boong karena muka sudah pucat pasi dan intonasi suara mencurigakan. Jadi kayaknya orangtua saya agak ga percaya, cuma keduanya ga bilang apa-apa.

Akhirnya sampai di hotel. Janjian ketemuan jam setengah 7 tapi jam 5 saya udah mandi. Udah gitu mandinya lama dan dilanjutkan dengan dandan. Definisi dandan bagi saya sebenarnya emang cuma pake BB cream, pensil alis, dan lipstik. Udah gitu doank, tapi itu udah dandan banget buat saya. Pake atasan dan celana hitam, jangan lupa semprot minyak wangi. Udah kelar dandan, tapi tetap bolak-balik ngaca...

Kayaknya di sinilah papa mama saya sudah curiga. Mau ngomongin bisnis kok dandannya heboh bener. Aslinya papa saya lagi santai tidur-tiduran, trus tiba-tiba entah kenapa langsung bangkit semangat untuk mandi sambil ngajak turun ke mall bareng (saya janjian ketemuan di mall yang jadi satu dengan hotel yang saya inapi). Mama saya bilang, "Papa kamu kepikiran tuh kamu ketemu orang asing di Solo,".

OHMYGOD. Lebay banget ya emang orangtua saya ya Allah..... ya kalik dipikirnya anaknya mau diculik atau diajak check in. Tapi akhirnya, saya ngaku kalo mau ketemu sama cowok kenalan dari Tinder. 

Pas turun ke mall dan saya janjian ketemu sama mas S di satu titik lokasi, saya berpisah dengan orangtua saya. Udah berasa lega nih ga dikepoin orangtua. Akhirnya ketemu mas S, lantas kita turun eskalator. Eh kok ya dari jauh saya ngelihat orangtua saya lagi di depan pameran mobil lihat-lihat barang. Langsung saya panik dan mengarahkan langkah kita berdua menjauhi orangtua saya. Kan awkward banget kalik kalo sampe ketemu. 

Dengan penuh pertyimbangan strategis saya sengaja pilih makan di tempat yang nyempil pojokan, di Solaria, dan pilih area smoking (kebetulan mas S ngerokok). Huuufff... udah lega nih ga bakal ketemu orangtua. Sampe akhirnya... nampaklah kedua orangtua saya jalan ke arah saya (saya makan di area dekat pintu keluar-masuk mall yang berlawanan arah dengan pintu arah ke hotel). O-oh. Saya ga bisa apa-apa karena otomatis orangtua saya pasti akan jalan berpapasan dan ngelihat anak perempuannya lagi kopdar sama cowok. Lantas untuk mengatasi kecanggungan yang terjadi saya pun melambai-lambai pasrah. DAMN YOU STUPID NARROW MALL!

Untungnya orangtua saya tahu diri. Konyolnya ternyata orangtua saya justru lebih salahtingkah dari saya. Langsung kedua orangtua saya berlagak mau jalan ke arah berlawanan (mama saya keliatan banget gelagepan sampe nabrak langkah papa saya) sambil diam-diam mencuri pandang dan ngapalin muka mas S. Astaga, demi apa saya punya orangtua begini.... 

Okay... Skip skip. Next! 

THE FIRST WE MET

It was an awkward first date...

Mungkin kamu membayangkan bahwa pertemuan pertama kami akan jadi sebuah cerita yang romantis. Saya akhirnya bertemu dengannya, ia menyapa dengan hangat, kami bertatapan mata, dan seketika hati kecil saya langsung berbisik, "He is the one!". Lalu kami mengobrol dengan asyik sampai lupa waktu.... Berasa kayak Jesse dan Celine di film Before Sunrise. 

Nope. Pertemuan pertama kami... awkward.

Setelah janjian di satu titik, akhirnya kami bertemu juga. Doi pakai jaket jeans dan celana jeans. Kami bersalaman kaku. Saling sapa basa-basi, "Eh akhirnya ketemu juga...". Setelah itu kami cari makan di Solaria. 

Jujur, mas S agak berbeda dengan yang saya perkirakan. Ya inilah namanya kopdar sama kenalan dari dunia maya ya. Pasti ada aja yang kesannya berbeda dari yang diperkirakan. Saya masih berusaha mencerna dan menyatukan mas S yang saya kenal di Line dan yang akhirnya saya temui di dunia nyata. 

Saya kira semuanya akan mengalir lancar dan romantis, tapi yang ada saya blank. Waktu makan di Solaria saya beneran error sampai diajak ngomong nggak berani menatap mata mas S (kaku banget ga sih). Udah gitu sepupu saya yang saya kasih tahu kalo saya mau ketemuan sama cowok dari Tinder bolak balik whatsapp saya, "Elu aman kan? Elu jangan mau diajak keluar ya! Ga usah nonton ntar elu digrepe-grepe!". Ya, separno itu emang sepupu saya.

Selama duduk makan Solaria kerasa banget bahwa saya nggak bisa santai. Mana duduknya di tempat yang agak remang sehingga mata saya yang minusnya tinggi ini ngerasa nggak nyaman. Tapi mas S baik banget, berusaha ngobrol ngajak basa-basi soal kerjaan, soal keluarga, cerita X-Men (ternyata doi maniak komik2 begini). Saya kemudian juga mencoba bercanda ngrasanin ABG gaul yang berseliweran dan pasangan yang kayaknya lagi berantem di meja sebelah. Tapi overall, pas makan di Solaria itu kerasa banget canggungnya (terutama saya). Si doi kayaknya lebih kalem dan santai sambil ngisep rokok. 

Aneh juga bahwa orang yang kayaknya sudah akrab di dunia maya tapi ternyata pas di dunia nyata bisa sekaku ini. Rada garing sih. Tapi ga mungkin juga saya langsung mengambil kesimpulan cepat kalau "saya dan dia nggak cocok" dari satu jam awal pertemuan. Lalu saya pun ajak doi jalan-jalan muter-muter di dalam mall. 

Pas jalan-jalan inilah semua terasa lebih santai walaupun kita juga ga ngobrol banyak. Berasa kayak orang pacaran dimana ceweknya masuk toko baju trus cowoknya ngikutin sambil males-malesan. Haha. Trus kita akhirnya duduk-duduk di area teras mall. Ngobrol santai dan random (lupa juga sih ngobrol apa aja). Suasana jadi lebih cair. Sampai kemudian mama saya ngewhatsapp, "Ga balik hotel nduk? Masih betah?'

O-oh. Anak mami dicariin emaknya.

Alhasil kemudian saya pamitan sama mas S...

...

Errr... pertemuan pertama itu sama sekali jauh dari sempurna. Kirain bakal "klik-klik" kayak di film-film romantis (Ya Allah kayaknya saya emang overdosis film romantis kok!). Pas balik hotel sambil mikir-mikir.. yang saya rasakan adalah mixed feeling. Sejujurnya ada beberapa yang bikin saya down, tapi di lain sisi entah bagaimana ada kesan manis juga yang tertinggal. Ketika akhirnya saya disuruh balik mama saya, saya merasakan sedikit kekecewaan karena harus mengakhiri 3 jam pertemuan kami. Saya berharap masih bisa ngobrol lebih banyak lagi. Apalagi selama 1,5 jam pertama saya cuma bisa bengong kayak orang bodoh. 

Dan oh ya.... saya menyukai bau parfum yang digunakan mas S. Sampai beberapa hari saya mengingat bau parfumnya. Ini tentu adalah satu tanda positif.

Pas pertemuan itu kami juga ga sengaja bertemu dengan 2 teman mas S. Otomatis 2 teman mas S ini langsung menyapa saya yang mungkin mereka kira saya ini pacar/teman mas S. Bukannya canggung dan ogah-ogahan, saya malah menyapa balik dengan hangat. Kayak sok kenal. Haha. 

So that's it. Our first met is not perfect. 

OUR CHEMISTRY IS STILL THERE...



Mungkin kita sudah sering dengar tentang dua orang yang bertemu di dunia maya, lalu bisa cocok saat chatting-chattingan, namun ketika kopdar ternyata zonk, atau chemistrynya ga nyambung, atau ternyata penampilannya tidak sesuai dengan ekspektasi. Lalu setelah kopdar pelan-pelan akhirnya menjauh...

Habis ketemu mas S perasaan saya campur aduk. Bingung. Ada satu-dua hal yang saya temukan yang membuat saya harus berpikir lebih jauh. Ada satu-dua hal sepele yang juga sedikit bikin saya sedikit down. Tapi di lain sisi.... saya juga menikmati pertemuan sebentar itu. Bahkan ketika akhirnya saya harus balik hotel, ada perasaan saya mengharapkan bisa ngobrol lebih lama....

Setelah pertemuan pertama itu kami ternyata masih tetap intens komunikasi. Awalnya kayaknya kita berdua berusaha "sopan" untuk tidak langsung ngilang. Tapi ternyata kok ya komunikasinya tetap berlanjut. Konyolnya, kami malah membahas pertemuan kami yang canggung plus nanggung itu dan saling menertawakan segala ketidaksempurnaan di pertemuan itu. Termasuk momen ke-gep orangtua saya.

Itulah yang saya sukai dari mas S. Kami bisa sama-sama terbuka dan menertawakan diri sendiri. Selera humor yang baik dimulai dari bisa menertawakan diri sendiri...

Err.. ngomong-ngomong. Mau tahu nggak apa satu hal yang sempat bikin saya down saat pertama kali ketemu? Aksen medok doi kental banget! Haha. Saya juga medok banget, tapi medok Surabaya di telinga saya terasa lebih keren (padahal enggak juga), sementara medok Jawa Tengah doi suka bikin saya pengen ketawa. Saya tentu nggak ngomong ini ke dia karena takut dia tersinggung. Tapi pada satu momen saya ga tahan sehingga saya bilang ada sesuatu yang bikin saya sedikit ilfil pas ketemu dia. Cuma saya nggak bilang apa itu. Eh.... dianya juga nyahut, bahwa dia juga agak kaget bahwa suara saya ternyata juga...... cempreng. (Kami memang ga pernah telpon-telponan. Sebagai 2 orang introvert, telpon-telponan itu agak..... aneh).

Langsung donk saya ngakak. LEGA. Saya bilang kalau saya juga ngerasa aneh dengan suara dan aksen dia, dan alhasil dia juga ketawa tanpa tersinggung. Hal itu malah bisa bikin kita ketawa bareng.

THE FIRST I LOVE YOU



Singkat cerita ya, setelah pertemuan pertama dan komunikasi lebih intens, kami berdua sama-sama baper (apa jangan-jangan cuma saya doank yang baper?). Tapi kami berusaha woles dulu. Karena ya kan freak banget kalik baru ketemu sekali tiba-tiba udah ngajak serius. So we arranged a plan to meet again... 

Dengan jarak yang lumayan jauh, kami akhirnya sempat ketemu 2 kali. Pertemuan kedua dan ketiga itu jelas ga se-zonk pertemuan pertama. Malah tiba-tiba semuanya terasa ngalir dan natural.... Pada pertemuan kedua dan ketiga ini lah baru berasa kayak film-film romantis dimana "chemistry"-nya dapet.

And then next.... he said for the first time: "I Love You". Spontan. Pas kita habis berantem ga penting. 2 bulan setelah kita berkenalan.

So I said it too... "I love you too..."

Basi ya. Babah. Hahaha...

Ga ada kata-kata "Jadian yuk,". Tapi saya yang overthinking besok-besok ngecek status hubungan ini apaan dengan lagak sok cuek tapi ngetes, "Kita ini emang pacaran ya?". Syukur aja deh doi bilang, "Iya lah!".

....

Maka kesimpulannya, akhirnya saya mengakhiri kekeringan tanpa asmara selama hampir 2 tahun. Akhirnya.... bisa nulis status "In a Relationship" di facebook.... hahaha

Kalau dipikir-pikir, lucu juga ketika sebelumnya saya begitu pesimisnya dengan hubungan cinta dan lelaki (walaupun dalam hati saya tetap mendambakan yang romantis-romantis), tapi saya ternyata cuma butuh waktu sebentar dalam perkenalan untuk akhirnya merasa cocok dan mengiyakan menjalin hubungan baru. Semuanya terasa mudah, dan seolah-olah semesta (dan Tuhan) memberkati. Saya tahu ini semua adalah kebetulan, tapi ini adalah kebetulan yang sangat ...... romantis.

Dan ya memang benar.... jatuh cinta memang seindah itu. Pantes patah hati rasanya kayak sakaw karena jatuh cinta memang seadiksi ini. Kini semua hal terdengar seperti balada lagu cinta dan saya seperti merasa ingin bernyanyi untuk merayakannya..... Saya kebanjiran dopamin.

Emhhh....

Tapi ngomong-ngomong curhatan saya belum kelar. Masih kepengen mengeluarkan uneg-uneg yang memenuhi isi kepala. Di curhatan berikutnya saya mau curhat tentang anxiety saya soal asmara dan racauan tidak penting lainnya....

(Niat ya. Well, I'm passionate about writing... and love is one of the biggest inspiration to write. Kalau saya pelukis saya mungkin akan melukis sesuatu yang cantik, kalau saya seorang musisi mungkin saya akan mengarang komposisi yang indah, but I'm a writer... so.... I write....). 

Komentar

  1. Dear Niken,
    Semoga ini bukan temporary euforia
    Semoga ada jalannya menuju jenjang yg lebih serius (perspektif agama, tentu saja).
    Keep writing.… as i enjoy reading it
    It's smart and most importantly.… so sincere.…
    regards
    your admirer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankyou so much sudah mampir dan memberikan comment :)

      Hapus
  2. Selamat ya Niken, satu sisi gw disini jd patah hati, Hiks..(Cowok sih yg nggak mau mencintai cewek sekeren Niken? Udah pinter nulis review film, romantis, jago bisnis, pinter secara intelektual pula), tp gpplah, memang the best buat Niken & memang pantas Niken dapatkan apa yang didambakan...

    Your Anonymous Admirer...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya cowok mana sih yg ga mau mencintai cewek sekeren Niken..
      sorry ngetiknya buru2 :D

      Hapus
    2. Hahaha bisa aja deh..

      thankyou ya sudah baca tulisan ga jelas ini. Salam kenal mas anonim :D

      Hapus
  3. Iya Saya setuju sama komen nya mas anonim di atas. Saya merasa aneh, kok orang kaya Mbak Niken ini susah dapet pasangan padahal saya enjoy banget baca tulisan-tulisan mbak. Saya juga rutin ngikutin tulisan mbak di blog film nya. Saya ngerasa nyambung aja. Btw saya cowok dan tulisan mbak selama ini bisa bikin saya dapet rasa yang macem-macem kalau selesai baca. kadang bikin ngakak kadang bikin baper. Dan jujur juga saya lebih tertarik sama cewek pinter daripada cewek cantik. Anyway saya juga baru 3 bulan jadian lagi jadi saya ikut kebawa waktu baca tulisan mbak di atas haha.. keep writing mbak. Saya ikut bangga karena saya juga sama-sama dari jatim juga. Tampilin juga aksen medoknya di tulisan-tulisan mbak yang lain karena seperti mbak pernah bilang "medok adalah identitas..." .. :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer